Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 00:15 WIB

Amazon Bikin Rontok Saham Ritel Makanan

Oleh : Monica wareza | Sabtu, 17 Juni 2017 | 15:55 WIB
Amazon Bikin Rontok Saham Ritel Makanan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Saat ini, Amazon mengalami gejolahk dari dalam terkait rencana pembelian Whole Foods Market. Ekspansi bisnis ini berpotensi perang penawaran untuk rantai makanan alami dan organik.

Analis Barclays, Karen Short mengatakan, Whole Foods mengalami buliish setelah berada di harga yang sama dalam sembilan bulan terakhir.

Biasanya, saham perusahaan yang dibeli secara keseluruhan setara dengan harga yang sama, karena merger membatasi potensi kenaikan.

Short yakin, tawaran pembelian strategis lainnya akan muncul. Targetnya, harga sahamnya bisa tembus US$4, atau lebih tinggi 14,3% dari tawaran Amazon sebesar US$42 per lembar saham. Sementara harga sebelumnya dipatok US$38.

Investor tampaknya memberi kepercayaan pada Short, karena saham Whole Foods melonjak 29,1% Jumat (16/6/2017) ke angka $ 42,68, atau sedikit di atas harga penawaran Amazon.


"Kombinasi Amazon dan Whole Foods menghadapi sedikit risiko peraturan, sehingga downside dari level saat ini hanya 1,6% menjadi $ 42. Namun saya membayangkan sebuah skenario di mana Whole Foods dijual seharga $ 57 per saham, atau 33,6% di atas level saat ini. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi investor," kata Short dalam catatan tertulisnya, Jumat (16/6/2017) dikutip dari marketwatch.com.

Meskipun dia melihat sangat sedikit entitas yang bisa mengalahkan Amazon, dia yakin banyak yang bisa dilakukan untuk menjadikan proses akuisisi ini menjadi lebih mahal atau hanya mencegah aset menjadi milik Amazon, karena penawar strategis ritel akan menghilangkan biaya di atas jika ada akuisisi, Amazon bermaksud membiarkan Whole Foods beroperasi sebagaimana adanya.

Saham Amazon AMZN, + 2,44% melonjak 2,4% pada Jumat, namun tidak lebih tinggi dari kenaikan sebelumnya sebanyak 3,7%.

Secara teori, Short percaya semua pengecer yang penjual makanan dan bersaing dengan Amazon adalah penawar potensial. Dia mengatakan bahwa penawar potensial dapat mencakup Wal-Mart Stores, Target Corp dan Kroger Co.

Investor tampaknya percaya bahwa perusahaan-perusahaan itu harus kehilangan banyak jika Makanan Amazon-Whole berjalan seperti apa adanya. Saham Wal-Mart turun 4,6%, Target jatuh 5.2% dan Kroger anjlok 9,2%.

Saham Whole Foods kini telah naik 39% dari year on year, sementara saham Amazon telah naik 32%, SPDR Consumer Staples Select Sector exchange traded fund rally 8,2% dan indeks S&P 500 menguat 8,7%. [ipe]

 
x