Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 00:14 WIB

BTN Integrasikan ATM Himbara

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 13 Juni 2017 | 15:15 WIB
BTN Integrasikan ATM Himbara
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tengah merampungkan persiapan integrasi Automatic Teller Machine (ATM) milik Bank Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara), yaitu Bank BTN, Mandiri, BRI dan BNI.

Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), Adi Setianto mengatakan tim teknisnya dari keempat Bank Himbara ini yang mengurus persiapan diluncurkannya ATM Merah Putih yang memiliki fitur layaknya ATM milik bank tersebut.

"Persiapannya rapat inten ya jadi masalah kenyamanan fitur, sekuriti semuanya bareng-bareng BTN, BNI, Mandiri dan BRI, ada tim teknisnya," kata Adi di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Adi mengatakan nantinya akan ada konsolidasi dari keempat bank ini menyangkut jumlah kepemilikan ATM. Selain itu akan ditinjau juga mengenai lokasi-lokasi penempatan ATM tersebut sehingga ditempaykan jumlah ATM secara lebih efisien.

"Kita mainnya BNI berapa, BRI berapa Mandiri berapa kita berapa nanti kita assest lagi dulu satu titik ada 4 nanti mungkin 2. Jadi dengan begitu nanti bank bumn lebih efisien kan satu titik dikeroyok 4 bank," tambah Adi.

Adi juga menambahkan bauwa implementasi secara meluas dari ATM Himbara ini nantinya akan dapat dirasakan oleh masyarakat di awal tahun 2018 mengingat pihak Himbara sudah meminta perijinan be Bank Indonesia (BI).

Pengelolaan ATM bank Himbara secara bersama dianggap menjadi jalan yang menguntungkan, baik untuk pihak perbankan maupun masabah. Secara matematis, bagi pihak bank, konsolidasi ini akan menghemat biaya pengelolaan ATM hingga Rp6,8 triliun per tahun. Sedangkan bagi masyarakat luas pengguna ATM, konsolidasi akan memangkas biaya transaksi ATM sekitar Rp7,3 triliun per tahun.

 
x