Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 13:53 WIB

Alfa Energi Jadi Pendatang Baru ke 545 di BEI

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 9 Juni 2017 | 09:58 WIB
Alfa Energi Jadi Pendatang Baru ke 545 di BEI
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (9/6/2017) dan resmi menjadi emiten bursa ke 10 di tahun 2017 atau emiten ke 545.

Harga saham FIRE dari hasil proses book building ditetapkan senilai Rp500 per lembar saham. Dengan begitu perseroan berhasil meraih dana IPO sesuai dengan target yang telah ditetapkan perseroan yakni sebesar Rp150 miliar.

"Dengan tercatatnya saham FIRE di bursa dapat menjadi alternatif berinvestasi bagi para investor dan diharapkan bisnis perseroan akan terus berkembang," kata Aris Munandar, Direktur Utama perseroan di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Pemesanan saham FIRE mengalami kelebihan pemesanan (oversubscribed) sebesar 1,05 kali dimana Oversubscribed ini merupakan gabungan dari minat pemesanan saham untuk penjatahan pasti (fixed allotment) yang diterima oleh penjamin Pelaksana Emisi Efek pada masa penawaran awal dan pemesanan saham untuk penjatahan pooling (pooling allotment) yang diselenggarakan di gerai.

Selain saham, perseroan juga menerbitkan sejumlah 350 ribu Waran Seri I. Nantinya, Waran Seri l ini akan diberikan kepada setiap pemegang saham secara cuma-cuma dengan ketentuan bahwa setiap pemegang 6 (enam) saham yang namanya tercatat dalam DPS Penjatahan akan mempero leh 7 (tujuh) Waran Seri l.

Dana hasil IPO ini akan digunakan perseroan untuk melakukan pelunasan utang kepada PT Indo Jasa Utama sekitar 31,74%, selanjutnya sekitar 17,35% digunakan untuk membangun tambahan infrastruktur seperti jalan hauling, stockpile, fasilitas loading dan mess karyawan, di area pelabuhan maupun operasional tambang di entitas cucu Perseroan PT Alfara Delta Persada.

Dan, sekitar 50,91% digunakan sebagai modal kerja Perseroan, yaitu biaya operasional kegiatan usaha trading batu bara, guna menunjang arus kas untuk pembelian stok batu bara dari pemasok.

Saat pembukaan perdagangan, saham FIRE dibuka pada harga Rp750 mengalami kenaikan sebanyak 50% atau 250 poin. Diperdagangkan dengan frekuensi sebanyak 6 kali dan dengan volume sebanyak 1.850 dan menghasilkan nilai transaksi sebesar Rp138,75 juta. [jin]

Komentar

 
x