Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 22:38 WIB

APRDI Tetap Usaha Tambah Investor Reksa Dana

Oleh : Monica Wareza | Rabu, 7 Juni 2017 | 13:06 WIB
APRDI Tetap Usaha Tambah Investor Reksa Dana
Ketua Dewan Asosiasi Pelaku Reksadana dan Investasi Indonesia (APRDI), Prihatmo Hari Mulyanto - (Foto: Inilahcom/Monica)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jumlah investor reksa dana hingga saat ini masih sangat minim yakni masih sekitar 450 ribu saja, masih tertinggal jika dibandingkan dengan investor saham. Padahal berinvestasi di instrumen reksa dana adalah yang paling mudah dan paling sederhana.

Ketua Dewan Asosiasi Pelaku Reksadana dan Investasi Indonesia (APRDI), Prihatmo Hari Mulyanto mengatakan bahwa saat ini APRDI masih menargetkan pertambahan hingga lima juga investor di tahun 2017 ini. Namun sayangnya hal ini dianggap cukup berat bagi APRDI.

"Itu yang terus terang hal terberat di kita untuk menambah jumlah investor terutama perorangan dalam waktu dekat, tapi kita tidak putus asa kita berusaha terus," kata Prihatmo di Gedung BEI, Rabu (7/6/2017).

Prihatno juga mengatakan bahwa penggunaan financial technology (fintech) yang mulai digunakan oleh beberapa Manager Investasi (MI) juga turut berkontribusi dalam menamba jumalh investor reksadana baru. Sayangnya, jalan ini masih dianggap belum dapat menambah jumlah investor secara massive.

Saat ini total dana kelolaan atau assets under management (AUM) reksa dana baru mencapai R560 triliun, mengalami peningkatan sebesar 8% year to date. Kenaikan ini ditopang produk reksa dana fix income based, reksa dana pasar uang dan reksa dana proteksi pendapatan tetap. "Reksa dana saham belum terlalu banyak bergerak," kata Prihatmo.

Meskipun begitu, Prihatmo mengharapkan dengan diupgradenya rating Indonesia menjadi investment grade oleh S&P akan berdampak baik bagi geliat investasi reksa dana di Indonesia. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x