Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 15:25 WIB

Berapa Banyak Duit Anda untuk Belanja Online?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 28 Mei 2017 | 06:07 WIB
Berapa Banyak Duit Anda untuk Belanja Online?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Apakah Anda tahu berapa banyak yang Anda habiskan pengeluaran pada bulan lalu? Bagaimana peneluaran untuk transportasi online? Atau belanja online?

Jika Anda tidak melacak pengeluaran Anda, jumlah total mungkin mengkhawatirkan.

Adalah seorang insinyur perangkat lunak dan blogger berusia 38 tahun di AS, yang kebetulan melihat sejarah pemesanan di account Amazon-nya beberapa tahun yang lalu. Bagaimana hasilnya?

Pada tahun 2014 saja, dia telah melakukan sebanyak 177 pesanan dan membeli 427 item. "Saya telah mendapatkan lebih banyak hal baru daripada ada hari dalam tahun ini!" tulis "Mrs BITA," yang meminta untuk tetap anonim, dari "Bayalis Is The Answer."

Angka bertambah buruk. Dari tahun 2008, ketika dia pertama kali mulai menggunakan Amazon, sampai 2016, dia menghabiskan US$41.000 untuk lebih dari 1.400 item. Itu 178 item dalam setahun, atau sekitar 15 bulan.

"Saya tidak tahu apa yang sebenarnya dari 1.427 benda itu, atau bahkan di tempat yang mereka inginkan," tulisnya seperti mengutip cnbc.com. "Jadi, saya hanya menyia-nyiakan uang, saya bahkan tidak mendapatkan nilai abadi."

Seperti catatan Nyonya BITA, kebiasaannya menghabiskan biaya lebih dari sekadar US$41.000 yang dibayarkannya kepada Amazon selama bertahun-tahun. Seandainya dia memasukkan uang itu untuk bekerja, dengan mengasumsikan hasil investasi tahunan lima persen, dia memperkirakan akan tumbuh kira-kira US$108.000 dalam 20 tahun.

"Biaya sebenarnya," katanya, adalah "pohon uang yang bisa saya tanam dengan menggunakan modal US$41.000," dan "jumlah kebebasan yang hilang, berapa lama saya dapat memperoleh kemandirian finansial? Berapa jam ekstra yang saya lakukan? Sekarang harus tetap dirantai ke ruang kerja saya?"

Inilah berapa banyak yang harus Anda hemat di setiap usia. Inilah jumlah yang harus Anda hemat di setiap usia

Jika Anda tidak tahu berapa banyak uang Anda terhadap langganan, kopi atau Amazon, mungkin sudah waktunya untuk mencari tahu, terutama karena Anda bisa menghabiskan dua kali lipat sebanyak yang Anda kira sedang online.

Cobalah mencatat setiap pembelian yang Anda lakukan selama beberapa bulan dengan menyimpan spreadsheet di komputer Anda atau menggunakan aplikasi seperti Mint, Personal Capital atau Level Money. Kemungkinan Anda akan menemukan ada cara yang bisa Anda potong kembali.

Jangan berhenti sampai di situ. Begitu Anda menemukan cara untuk memangkas pengeluaran Anda, investasikan uang ekstra itu sehingga akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

Sejak tersandung sejarah pesanan Amazon pada tahun 2014, Nyonya BITA telah mengubah kebiasaannya secara drastis. Pada 2017 sejauh ini, dia menempatkan sembilan pesanan di situs tersebut dengan total US$255. "Kecuali satu, semua yang ada dalam daftar adalah makanan yang sangat berguna seperti makanan anjing, kertas toilet, sabun, sampo, popok, teh dan pasta gigi," tulisnya.

Tidak masalah betapa mengerikannya kebiasaan Anda, begitu Anda mengenalinya, Anda dapat selalu mengubahnya. "Bahkan jumlah kebodohan paling besar sekalipun tidak harus permanen, atau fatal."

 
Embed Widget

x