Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 17:39 WIB

Bursa Saham Eropa Bergerak Variatif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 21 April 2017 | 15:09 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Variatif
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa bergerak variatif pada awal perdagangan Jumat (21/4/2017). Investor mencermati perkembangan setelah serangan teroris di Paris yang hanya dua hari menjelang pilpres.

Indeks FTSE naik tipis 0,01%, indek DAX bertambah 0,1 persen, indeks CAC lebih rendah 0,4 persen dan indeks IBEX menguat 0,1 persen. Indeks acuan Eropa di area positif 0,03% dengan dukungan saham sektor sumber daya. Penguatan seiring laporan pendapatan sektor ini di kuartal pertama 2017.

Investor merespon investigasi Presiden Trump terhadap baja China. Kondisi ini memungkinkan adanya tarif baru seperti mengutip cnbc.com.

Saham sektor perbankan bergerak fluktuatif setelah menguat pada awal transaksi namun akhirnya tertekan lagi. Trump memerintahkan Departemen Keuangan untuk mengurangi beban pajak dan meninjau lagi reformasi di industri perbankan dan asuransi setelah krisis keuangan.

Investor terus mencermati laporan pendapatan pada akhir pekan ini. Meskipun perkembangan politik dan data ekonomi menjadi perhatian serius para investor.

Apalagi di Paris terjadi serangan teroris menjelang pelaksanaan pilpres tahun ini. Seorang polisi tewas di pusat kota Paris dan dua lainnya cedera setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan pada Kamis malam. Penembakan tersebut menimbulkan kekhawatiran lebih jauh menjelang pemilihan presiden paling tidak pasti dalam sejarah Prancis. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dari sisi data, PMI Perancis menguat lebih kuat dari yang diperkirakan pada hari Jumat pagi. PMI manufaktur naik menjadi 55,1 dari 53,3 di bulan Maret. Selain itu data manufaktur zona euro dan layanan flash PMI dan data penjualan ecera Inggris juga menjadi ditunggu pasar.

Di tempat lain, menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 berkumpul di AS. Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia melanjutkan pertemuan musim semi mereka.

 
x