Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 Juli 2017 | 21:47 WIB

Saham-saham Pilihan Pascakemenangan Anies

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 20 April 2017 | 00:15 WIB
Saham-saham Pilihan Pascakemenangan Anies
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tensi Pilkada DKI Jakarta putaran II sudah mereda setelah hasil penghitungan cepat (quick count) menempatkan pasangan nomor 3, yakni pasangan Anies R. Baswedan dan Sandiaga Uno berada di posisi puncak. Bagaimana dampaknya terhadap pasar saham?

Reza Priyambada, analis senior Binaartha Sekuritas mengatakan, tidak ada hubungan antara sentimen pilkada dengan keadaan stock market Indonesia. Hanya saja, dia menggarisbawahi, sejak pemilihan presiden antara Jokowi-Prabowo pada 2014, banyak pihak yang menghubungkan-hubungkan situasi politik dengan pasar saham.

"Disadari atau tidak, itu jadi bawaan sampai sekarang. Padahal, itu tidak ada hubungannya," kata Reza kepada INILAHCOM, di Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Reza menegaskan, secara sentimen, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lebih banyak dipengaruhi oleh keadaan makro ekonomi domestik dan pergerakan rupiah serta faktor global. "Seperti yang terjadi pada Selasa (18/4/2017) ketika rupiah menguat dan berdampak pada laju IHSG namun pada sore hari sebelum penutupan rupiah kembali melemah," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, harga saham di sektor pertambangan dan properti yang meningkat belakangan ini digadang-gadang merupakan imbas dari pilkada putaran kedua. "Padahal ini adalah imbas dari harga komoditas yang meningkat dan adanya rencana peringanan pajak progresif dan penghapusan pajak untuk lahan menganggur. Ini yang direspons positif oleh pasar," jelas Reza.

Senada dengan itu, Gina Novrina Nasution, analis Trimegah Sekuritas mengatakan, indeks saham masih akan menguat esok hari terlepas dari pengaruh pilkada DKI Jakarta yang berlangsung Rabu (19/4/2017).

"Sebenarnya tidak ada hubungannya, hanya saja dengan pilkada yang berjalan tertib hari ini IHSG akan berpotensi menguat," kata Gina.

Kedua analis ini juga sepakat bahwa pasangan nomor dua memiliki pengaruh terhadap saham-saham dari sektor properti seperti APLN, PTPP, WIKA, WSKT dan ADHI. "Sebab, pasangan ini memiliki program reklamasi pantai," kata Gina tandas.

"Ditambah lagi dengan program kesehatan yang dicanangkan Ahok, saham-saham di sektor kesehatan seperti INAF, SILO, KAEF dan MIKA akan terpengaruh," tambah Reza.

Di lain sisi, pasangan nomor tiga yang unggul akan berpengaruh positif pada saham- saham media seperti MNCN dan SCMA sehingga layak diberikan perhatian, kata keduanya. Selain itu, saham-saham di lini bisnis Saratoga Group seperti SRTG, PALM dan ADRO juga patut dipertimbangakan.

"Saham dari sektor pertambangan seperti PTBA, ADRO dan DOID lalu dari sektor perkebunan seperti BWPT ada baiknya juga untuk dicermati," imbuh Gina. [jin]

 
x