Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:49 WIB

AKR Gandeng BP Garap Pasar Ritel

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 6 April 2017 | 09:42 WIB
AKR Gandeng BP Garap Pasar Ritel
PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) - (Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) menggandeng British Petroleum (BP) untuk membentuk perusahaan ritel di Indonesia.

Perusahaan patungan tersebut adalah PT Aneka Pertoindo Raya yang akan breoperasi di bawah nama BP AKR Fuels Retail. Kedua pihak sepakat menggarap konsumen ritel dengan unit ritel pertamanya pada 2018. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Kamis (6/4/2017).

Kesepakatan tersebut diteken pada 5 April 2017 di London ole BP Downstream Commercial Development Vice-Presiden dan Presdir PT AKR, Haryanto Adikoesemo.

Sementara BPDownstream Chief Executive Officer, Tufan Erginhilgic mengatakan strategi BP difokuskan pada memberikan pelayanan logistik yang tangguh dengan penawaran yang berbeda dalam menyalurkan bahan bakar dan pelumas berkualitas tingi serta memberikan kenyamanan konsumen di pasar. "Kami akan bekerja sama dengan AKR untuk memenuhi permintaan bahan bakar di Indonesia yang semakin berkembang dan menyediakan kenyamanan pelayanan yang prima."

Kerja sama ini untuk mengembangkan jaringan ritel dengan memanfaatkan infrastruktur AKR di Indonesia dan rekam jejak AKR dalam bisnis bahan bakar. Langkah ini akan membawa nilai positif untuk konsumen di Indonesisa.

Di Indonesia, nama BP sudah dikenal sebagai penguasaan operasi pada proyek LNG Tangguh di Papua Barat. BP juga terlibat dalam distribusi lapisan batubara metana pabrikan petrokimia melalui BP Petrochemicals Indonesia. BP juga memasarkan produk pelumas.

AKRA merupakan emiten bidang industri barang kimia, perdagangan umum dan distribusi terutama bahan kimia dan bahan bakar minyak (BBM) dan gas, menjalankan usaha dalam bidang logistik, pengangkutan (termasuk untuk pemakaian sendiri dan mengoperasikan transportasi baik melalui darat maupun laut serta pengoperasian pipa penunjang angkutan laut).

Ada usaha penyewaan gudang dan tangki termasuk perbengkelan, ekspedisi dan pengemasan, menjalankan usaha dan bertindak sebagai perwakilan dan/atau peragenan dari perusahaan lain baik di dalam maupun di luar negeri, kontraktor bangunan dan jasa lainnya kecuali jasa di bidang hukum.

Pemegang saham AKRA antara lain PT Arthakencana Rayatama, yang merupakan bagian dari kelompok usaha yang dimiliki oleh keluarga Soegiarto dan Haryanto Adikoesoemo.

Pada pagi ini, saham AKRA dibuka di Rp6.200 per saham. Dalam setahun terakhir harga saham AKRA di harga Rp7.100 per saham pada penutupan 31 Oktober 2016. Untuk harga terendah di harga Rp5.500 per saham pada penutupan 22 Desember 2016.

 
x