Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 21:45 WIB

2016, DMAS Cetak Laba Bersih Rp757,2 Miliar

Oleh : - | Senin, 3 April 2017 | 08:15 WIB
2016, DMAS Cetak Laba Bersih Rp757,2 Miliar
PT Puradelta Lestari Tbk. - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-Pengelola kawasan industri PT Puradelta Lestari Tbk. yang berkode saham DMAS, mampu membukukan laba bersih Rp757,2 miliar untuk tahun buku 2016 di tengah melambatnya perekonomian nasional dan permintaan lahan industri.

Adapun, pendapatan DMAS pada tahun 2016 mencapai Rp1,6 triliun, di mana segmen penjualan lahan industri masih berkontribusi tinggi terhadap capaian tersebut.

Tondy Suwanto, Direktur Puradelta Lestari, berujar bahwa perlambatan ekonomi nasional yang diikuti menurunnya permintaan terhadap lahan industri telah memengaruhi kinerja perusahaan pada tahun lalu. Namun demikian, perseroan masih bisa mempertahankan kinerja positif pada tahun lalu.

Dari sisi penjualan, di tahun 2016 DMAS sukses menjual lahan industri seluas 52,9 hektar yang salah satunya kepada PT Astra Honda Motor yang membeli lahan seluas 38,3 hektar pada bulan Agustus 2016.

Perseroan meyakini penjualan akan membaik pada tahun ini yang didorong oleh meningkatnya optimisme investor terhadap perekonomian nasional yang mulai membaik.

DMAS pun siap menangkap peluang peningkatan investasi tersebut dengan kondisi fundamental perusahaan yang kokoh di mana aset perseroan mencapai Rp7,8 triliun dan ekuitas Rp7,4 triliun hingga akhir tahun lalu. Sementara kas perseroan masih kuat di Rp1,2 triliun.

"Dengan solidnya kondisi keuangan perusahaan, kami siap memanfaatkan peluang yang ada dan yakin kinerja akan membaik pada tahun ini. Saat ini kami melihat adanya tren peningkatan permintaan lahan industri dan keseriusan para pelaku bisnis untuk mulai berinvestasi," ujar Tondy.

Posisi kas yang kuat serta belum adanya utang membuat DMAS memiliki kemampuan optimal untuk mengembangkan sebuah kota terpadu. Dengan meningkatnya aktivitas industri di kawasan Kota Deltamas, perseroan akan mengembangkan lebih banyak proyek hunian dan komersial, serta mengoptimalkan proyek-proyek yang menghasilkan pendapatan berulang (recurring income) sehingga pendapatan perusahaan lebih solid ke depannya.

Asal tahu saja, PT Puradelta Lestari Tbk. adalah pengembang kawasan terpadu Kota Deltamas, yang berlokasi di Cikarang Pusat, dengan luas area pengembangan sekitar 3.053 hektar. Kota Deltamas merupakan kawasan bernilai tinggi di timur Jakarta dengan lokasi yang strategis, cadangan lahan yang luas, akses tol langsung, serta fasilitas dan infrastruktur yang sangat memadai.

PT Puradelta Lestari Tbk terus mengembangkan infrastruktur kelas dunia yang mendukung self-sustained integrated township, terdiri atas area industri, hunian, dan komersial serta mengembangkan fasilitas-fasilitas yang menjamin standar hidup pekerja di kawasan industri, baik bagi penghuni maupun untuk masyarakat di sekitarnya.

Beragam fasilitas baru terus bermunculan di kawasan tersebut, mulai dari institusi pendidikan, apartemen sewa, dan rencana pembangunan pusat komersial di Kota Deltamas.

Pemegang saham mayoritas dan pengendali dari PT Puradelta Lestari Tbk. adalah AFP International Capital Pte.Ltd. (53,87%), yang merupakan bagian dari Sinar Mas Land, pengembang terkemuka di Indonesia, dan Sojitz Corporation (25%), perusahaan general trading dari Jepang dengan jaringan di lebih dari 50 negara di dunia. [jin]

Komentar

 
x