Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 13:11 WIB

Dengan Fintech, BRI akan Bisa Bersaing ke Depan

Oleh : - | Kamis, 9 Maret 2017 | 20:16 WIB
Dengan Fintech, BRI akan Bisa Bersaing ke Depan
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Asmawi Syam - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Asmawi Syam mengatakan, pengganti dirinya akan menghadapi tantangan lebih berat pada era pelayanan digital.

Nahkoda BRI kelak harus mampu bersaing di industri keuangan yang sudah memasuki era baru, dengan maraknya penggunaan layanan teknologi atau layanan digital.

"Kompetisi bank tidak hanya sesama bank, tapi juga dengan industri lain, karena teknologi sudah sedemikian pesat," ujar Asamawi usai meresmikan gerai digital BRI di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Dia mencontohkan pesatnya perkembangan industri layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech).

Dirut BRI yang baru, kata dia, harus mampu membawa BRI untuk dapat berkolaborasi dengan "fintech" dan mampu bersaing untuk menggat pasar dengan karateristik milenial, atau akrab dengan gawai.

"Tantangan perbankan ke depan ini akan lebih berat lagi. Kita akan berhadapan dengan 'fintech'. Kita harus berpikir sebaik mungkin," ujarnya.

Masa jabatan Asmawi akan habis pada Maret 2017. BRI dijadwalkan akan menggelar rapat umum pemegang saham pada 21 Maret 2017, dengan salah satu agenda untuk menentukan pengganti Asmawi.

Asmawi memimpin bank spesialis kredit UMKM tersebut sejak 19 Maret 2015. Di bawah kepemimpinan Asmawi, BRI mendongkrak asetnya dengan pertumbuhan 28 persen, dari Rp 778 triliun per akhir 2014 menjadi 1.003,6 triliun per akhir 2016.

Laba BRI dalam dua tahun terakhir tumbuh satu digit--terakhir per 2016 tumbuh 2,4 persen (yoy)-- namun, menjadi yang terbesar di Indonesia yakni Rp 25,8 triliun pada 2016.

Sebelum menjadi Dirut BRI Asmawi adalah Penjabat Pelaksana Tugas Dirut untuk menggantikan Sofyan Basir yang menjadi Dirut PLN. Sebelum menggantikan Sofyan Basir, bankir karir BRI tersebut menjadi Direktur Kelembagaan BRI sejak Maret 2007. [tar]

 
x