Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 23:28 WIB

Anak Usaha DOID Lunasi Utang US$603 Jt

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 16 Februari 2017 | 11:14 WIB
Anak Usaha DOID Lunasi Utang US$603 Jt
PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) - (Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCO, Jakarta - PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) menyampaikan anak perusahaan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) telah melakukan pelunasan terhadap fasilitas pinjaman sindikasi sebesar US$603 juta dengan SMBC.

SMBC bertindak sebagai Agen Fasilitas (Fasiltas SMBC) dan fasilitas pinjaman sebesar US$15 juta dengan PT CIMB Niaga Tbk pada tanggal 14 Februari 2017. Jumlah saldo kedua fasilitas pinjaman pada saat pelunasan tersebut adalah sebesar US$454 juta.

Kredit tersebut dilunasi dengan menggunakan pembiayaan dari dana hasil penerbitan Senior Notes BUMA senilai US$350 juta berjangka waktu 5 tahun dengan kupon sebesar 7,75% (Senior Notes). Selain itu dananya dari penerimaan dari fasilitas pinjaman The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd berjumlah US$100 juta dengan tingkat bunga LIBOR +3% (Fasilitas BTMU). Terakhir berasal dari kas internal BUMA.

Senior Notes tersebut mendapatkan peringkat Ba3 dari Moodys Investor Service Inc, dan BB- dari Fitch Ratings Ltd. Pelunasan ini menunjukkan kemampuan BUMA untuk dapat bertahan dan bangkit kembali selama masa penurunan industri batubara yang berkepanjangan pada beberapa tahun terakhir ini.

Hal ini juga memungkinkan BUMA untuk memperpanjang profil jatuh tempo hutangnya, mengurangi amortisasi dan memperbaiki arus kasnya, serta meningkatkan fleksibilitas operasional BUMA untuk mendukung pertumbuhan BUMA ke depannya.

 
x