Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 02:53 WIB

BRI Buka Pelayanan di Banti-Aroanop Tembagapura

Oleh : - | Kamis, 2 Februari 2017 | 10:07 WIB
BRI Buka Pelayanan di Banti-Aroanop Tembagapura
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Timika - Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Timika, Papua dalam waktu dekat mulai membuka pelayanan perbankan untuk masyarakat di Kampung Banti dan Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Kepala Cabang BRI Timika Muhammad Jusuf, Kamis (2/2/2017), mengatakan jajarannya sudah melakukan survei ke Banti dan Aroanop.

Tidak itu saja, pihak BRI Timika juga melakukan rapat koordinasi dengan Departemen Social & Local outreach Development PT Freeport Indonesia untuk bersama-sama melakukan pelayanan di Banti dan Aroanop.

"Kalau di Banti, kebetulan tempatnya dekat dengan Tembagapura maka tentu tidak ada masalah berkaitan dengan akses layanan perbankan. Tapi kalau di Aroanop yang lokasinya jauh dari Tembagapura maka tahap awal kami melakukan edukasi ke masyarakat agar dapat menyimpan uang mereka di bank supaya lebih aman," tutur Jusuf.

Ia meminta dukungan penuh dari Pemkab Mimika dan terutama PT Freeport Indonesia agar mempercepat rencana pemberian pelayanan perbankan kepada masyarakat di dua kampung wilayah pegunungan yang cukup terpencil tersebut.

"Kami mohon dukungan penuh dari PT Freeport untuk memberikan fasilitas dan akomodasi karena untuk mencapai lokasi tersebut kami diwajibkan untuk menggunakan akses jalan PT Freeport baik darat maupun udara. Melalui kerja sama dengan PT Freeport kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat di sekitar Tembagapura yang merupakan daerah operasi pertambangan PT Freeport," kata Jusuf.

Ia menambahkan, mengingat berbagai keterbatasan itu maka pelayanan perbankan kepada masyarakat di Banti dan Aroanop nanti tidak bisa dilakukan setiap hari.

"Mungkin tahap awal nanti petugas kami datang ke Banti dan Aroanop dua kali seminggu. Siapa yang mau melakukan transaksi apakah menabung, mengambil uang, mengirim uang, membuka rekening dan lainnya semuanya didaftar terlebih dahulu. Begitu petugas datang, mereka-mereka yang sudah terdaftar itulah yang akan dilayani," jelas Jusuf.

Hingga kini BRI sendiri belum membuka kantor perwakilan di Tembagapura. Sebab di kota tambang Freeport tersebut sudah hadir sejumlah perbankan lain seperti Bank Papua, Bank Niaga dan Bank Mandiri.

"Kami memiliki cita-cita dan terus mengupayakan untuk meyakinkan pihak manajemen PT Freeport bahwa kami adalah perbankan besar di Indonesia. Kami ingin menempatkan kantor di Tembagapura. Kami akan membuktikan kepada Freeport bahwa BRI siap memberikan pelayanan kepada masyarakat di pedalaman sana sekitar Tembagapura," ujar Jusuf.

Dengan akan terlibatnya BRI dalam pelayanan perbankan di Banti dan Aroanop, Jusuf berharap kelak BRI bisa juga hadir di Tembagapura. [tar]

 
x