Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 13:11 WIB

BRI Timika Berdayakan 209 Agen BRILink

Oleh : - | Kamis, 2 Februari 2017 | 08:44 WIB
BRI Timika Berdayakan 209 Agen BRILink
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Timika - Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Timika, Papua, kini memiliki 209 agen BRILink yang tersebar di sekitar Kota Timika untuk membantu menjangkau dan memudahkan para nasabah yang membutuhkan transaksi perbankan.

Kepala Cabang BRI Timika Muhammad Jusuf di Timika, Kamis (2/2/2017), mengatakan kehadiran agen BRILink membantu masyarakat agar tidak harus datang ke bank untuk melakukan transaksi, seperti transfer uang, pengambilan uang tunai, pembelian pulsa listrik, dan pulsa telefon.

"Hampir 90 persen transaksi perbankan bisa dilakukan melalui agen BRILink. Kehadiran agen-agen BRILink ini tentu sangat membantu tidak saja bagi kami perbankan tetapi terutama untuk masyarakat yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari kantor perbankan," kata Jusuf.

Meski pertumbuhan agen BRILink di Timika cukup tinggi, katanya, sebagian besar dari mereka masih membutuhkan bimbingan agar benar-benar dapat berperan sebagaimana yang diharapkan.

"Dari 209 agen BRILink yang ada di Timika, hanya sekitar 45 persen yang transaksinya lebih dari 500 transaksi per bulan. Yang lain masih dalam tahap belajar dan mengedukasi masyarakat sekitar bahwa mereka merupakan agen BRILink," katanya.

Dia menjelaskan agen BRILink yang cukup berhasil dalam menjalankan usahanya, yaitu agen BRILink di kawasan jauh dari pusat Kota Timika, seperti kawasan Pelabuhan Paumako, Distrik Mimika Timur.

Di lokasi itu, katanya, sama sekali tidak ada akses kantor perbankan. Warga yang hendak melakukan transaksi perbankan bisa memanfaatkan jasa agen-agen BRILink di lokasi itu.

BRI Timika hingga kini belum berencana untuk menambah agen BRILink, terutama di ibu kota-ibu kota distrik (kecamatan) yang jauh dari Timika, seperti Kokonao, Distrik Mimika Barat, Atuka, Distrik Mimika Tengah, dan Distrik Agimuga.

Kendala utama yang menghambat tersedianya agen BRILink di ibu kota-ibu kota distrik di pedalaman Mimika itu karena jangkauan sinyal telepon seluler belum sampai ke daerah-daerah tersebut.

"Efektivitas peralatan yang dipasang pada agen BRILink itu sangat bergantung sinyal telepon seluler. Kalau sinyal telepon seluler tidak ada atau lemah maka tentu akan memengaruhi transaksi yang akan diciptakan melalui mesin ini," katanya.

Sejauh ini, distrik pedalaman dan pesisir Mimika yang sudah terjangkau sarana telekomunikasi melalui telepon seluler, yaitu Atuka, Ibu Kota Distrik Mimika Tengah.

Jangkauan sinyal telepon seluler yang dipancarkan dari Based Transceiver Station (BTS) Telkomsel yang terpasang di Atuka bisa menjangkau Kampung Keakwa, Timika Pantai, Kokonao, hingga Ipaya di Distrik Mimika Barat. [tar]

 
x