Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 02:13 WIB

Rumah Sakit & BPJS Kesehatan Untungkan Kimia Farma

Oleh : Wiyanto | Selasa, 15 November 2016 | 15:23 WIB
Rumah Sakit & BPJS Kesehatan Untungkan Kimia Farma
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-Kinerja keuangan PT Kimia Farma Tbk (KAEF) ditengarai analis akan positif setelah mempunyai rencana kerja 2017 yang cukup matang dengan target penjualan Rp7 triliun.

Analis PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menuturkan, secara prinsip, Kimia Farma akan sangat diuntungkan dengan keberadaan BPJS Kesehatan. Lembaga yang dulunya bernama Askes akan mensupport secara tidak langsung ke emiten farmasi.

"Lihat tren kesehatan bagus, setelah BPJS Kesehatan agresif mencari partner, itu akan positif terhadap bisnis KAEF," ujar dia di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Diketahui, emiten yang mayoritas dimiliki oleh Pemerintah, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) membukukan Laba bersih sebesar Rp173,83 miliar atau Rp31,30 per saham pada kuartal III-2016. Angka tersebut meningkat 6,27% bila dibandingkan dengan Laba bersih pada periode yang sama tahun 2015 yaitu Rp163,58 miliar atau Rp2,45 per saham.

Ia menyebutkan, Kimia Farma akan mendapatkan order obat generik, seiring BPJS Kesehatan yang kelas dasar memilih untuk menyerap obat generik.

"Pada awalnya kehadiran BPJS membuat kawatir Rumah Sakit, namun belakangan Rumah Sakit komersial banyak dikunjungi pasien karena ingin ditangani dengan cepat oleh dokter," jelas dia. [jin]

 
x