Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 Maret 2017 | 04:52 WIB
Hide Ads

Fed dan Market Timing

Oleh : Sem Seiden | Jumat, 1 Juli 2016 | 01:00 WIB
Fed dan Market Timing
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

Selama masa pendidikan, kita diajarkan untuk berpikir dengan cara-cara tertentu. Masa-masa kita di sekolah dasar, sekolah lanjutan, dan universitas adalah waktu-waktu yang penting dalam membangun sistem kepercayaan Anda.

Bagian 1
Salah satu isu utama pada masa-masa pendidikan tersebut terjadi ketika kita diajarkan bagaimana bertransaksi di pasar dan kemudian bagaimana kita diajarkan untuk membeli dan menjual dalam kehidupan sehari-hari.

Prinsip dasar dari membeli di harga murah dan menjual di harga mahal atau sebaliknya adalah bagaimana kita memperoleh keuntungan ketika membeli dan menjual apapun. Ketika kita membeli mobil atau rumah, kita tidak pernah setuju dengan harga yang diminta penjual.

Kita selalu menawarkan harga yang lebih rendah dan biasanya harga disepakati di tengah-tengah. Pembeli yang pintar mencari penawaran di mana mereka dapat membeli apa yang mereka cari pada harga yang lebih rendah daripada yang dibeli orang lain.

Tentu kita semua biasanya mencoba atau menginginkan untuk membeli pada harga "grosir" dan menjual pada harga "ritel", sama seperti apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan yang sukses. Pada titik ini, sebagian besar dari Anda berpikir bahwa saya membuang-buang waktu Anda karena Anda sudah tahu semua ini, dan itu benar.

Namun, selama bertahun-tahun bahwa kita dikondisikan untuk membeli di harga rendah dan menjual di harga tinggi, kita hampir selalu diajarkan untuk mengambil tindakan yang berlawanan dengan investasi kita, apakah jangka panjang maupun jangka pendek.

Misalnya, di saat kuliah ketika kita diajarkan untuk membeli saham sebagai investasi, kita diberitahu untuk menunggu kriteria tertentu sebagai konfirmasi sebelum kita membeli. Kriteria ini termasuk tetapi tidak terbatas pada:

1. Pendapatan yang tinggi
2. Neraca keuangan yang sehat
3. Manajemen berkualitas
4. Harga saham tren menaik
5. Harga rata-rata cenderung bergerak lebih tinggi
6. Perusahaan bagus

Ketika semua kriteria tersebut terpenuhi, DIMANA ANDA BERPIKIR HARGA SAHAM INI? Pemilihan waktu bertransaksi di pasar berdasarkan kriteria ini berarti harga akan hampir selalu berada di level yang tinggi, pada atau dekat harga eceran, yang berarti Anda akan membayar $ 50.000 untuk mobil yang berharga $ 25.000 dan penjualnya akan untung besar, bukan Anda.

Cara kita diajarkan untuk membeli saham di pasar modal benar-benar bertolak belakang dengan bagaimana kita diajarkan untuk bertransaksi di kehidupan sehari-hari, di sanalah letak konflik sebenarnya dan alasan kebanyakan investor tidak pernah mencapai tujuan finansial mereka... Ketika berita buruk muncul, orang-orang akan panik ingin menjual.

Ketika berita dianggap baik, orang umumnya ingin membeli. Hari Rabu lalu semua orang menunggu Fed merilis berita suku bunga di sore hari. Ada semakin banyak orang berbicara tentang apa yang Fed akan katakan mengenai arah pergerakan suku bunga.

Bagian 2


Pada hari itu, tingkat Supply / Demand kami di XLT berada di level demand/permintaan British Pound dan supply level di Gold. Sebelum pengumuman suku bunga, kedua harga pasar ini sedang tidak berada di dekat level tersebut. Kemudian, pengumuman...

The Fed mengumumkan keputusannya dan pasar benar-benar mulai bergerak. Setelah mencapai tingkat demand kami pada Pound dan supply di Gold, kedua harga pasar berbalik dan bergerak cepat ke arah yang berlawanan, memberikan siswa-siswa di sekolah kami profit.

Apa yang tidak kita fokuskan pada sesi ini adalah pengumuman Fed di jam sekitar itu. Sebenarnya, saya sedang memimpin sesi dan tidak tahu apa yang Fed lakukan sampai sekitar 30 menit kemudian setelah menayakan siswa dalam sesi bahwa apa yang terjadi.

Bagaimana saya bisa menjelaskan pergerakan harga ini dan lainnya yang terjadi setelah berita suku bunga? Sederhana; di Pound, penjual menjual dalam jumlah besar pada waktu berita dirilis, melebihi jumlah permintaan pada level harga tersebut.

Namun, setelah harga turun ke level di mana permintaan melebihi penawaran, seperti yang terlihat pada grafik di atas, dan yang terakhir dari order jual pada level yang terisi, hanya ada satu arah untuk harga bergerak, yaitu naik. Dan, karena semua penjual yang akan menjual di tengah berita telah menjual seluruhnya, tidak ada penawaran yang tersisa untuk menghentikan laju kenaikan harga.

Seperti yang sudah saya katakan berkali-kali, itu semua tentang mengukur aksi beli dan jual (demand dan supply). Berita hanya mempercepat apa yang akan terjadi saja.

Kebanyakan orang begitu terlena dengan apa yang dinamakan pengenalan pola, teknik konvensional dan analisis fundamental, mereka lupa aksi pembelian dan penjualan yang sederhana yang mereka lakukan sehari-hari, di toko setiap minggu di mana mereka secara teratur mencoba untuk membeli hal-hal yang sedang obral.

Apakah itu Costco, Walmart, Goldman Sachs, toko lokal Anda, atau bocah 6 tahun yang menjual lemon di depan rumahnya. Bagaimana sesungguhnya harga bergerak dan bagaimana profit dan kerugian yang terjadi di pasar tidak pernah berubah.

Saya harap ini dapat membantu. Semoga harimu menyenangkan.

Sam Seiden - sseiden@tradingacademy.com

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x