Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 18:48 WIB

Bursa Eropa Berpotensi Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 20 Juni 2016 | 13:33 WIB
Bursa Eropa Berpotensi Positif
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa berpotensi menguat pada perdagangan awal Senin (20/6/2016). Kekhawatiran terhadap potensi Brexit sudah mereda sehingga tidak menekan sterling dan harga minyak.

Bursa saham global merespon positif terhadap beberapa jajak pendapat selama akhir pekan lalu. Ini mengindikasikan pasar akan mulai stabil menjelang referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa pada Kamis (23/6/2016).

Opini publik telah berubah sejak pembunuhan yang menimpa pro Uni Eropa, Jo Cox, anggota perlemen dari Partai Buruh, Kamis pekan lalu. Insiden ini memaksa pemerintah menghentikan kampanye kedua pihak. Namun saat ini, kampanye telah berjalan lagi.

Investor telah dapat menguasai diri sehingga tidak mengkhawatirkan Brexit lagi. Dampaknya, pounsterling Inggris menguat mencapai US$1.4584 per euro di perdagangan Asia hari ini. Pada hari Kamis lalu, pound berada di level US$1,4 per euro.

Harga minyak mentah juga melanjutkan penguatan pada hari ini. Seiring dengan pelemahan dolar AS dan berkurangnya kekhawatiran terhadap Brexit.

Bursa Asia sebagian besar juga positif, kecuali pasar Shanghai yang melemah 0,4 persen, indeks Nikkei naik 2,3 persen, indeks Hang Seng menguat 1,8 persen, indeks ASX naik 1,8 persen, indeks Kospi menguat 1,4%.

Komentar

x