Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 00:16 WIB

Daftar Investasi Bodong OJK Dinilai Janggal

Oleh : Ahmad Munjin | Senin, 10 November 2014 | 11:47 WIB
Daftar Investasi Bodong OJK Dinilai Janggal
inilahcom
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta Daftar investasi bodong yang dirilis OJK pekan ini dinilai janggal. Sebab, ada lembaga keuangan yang terdaftar resmi di Bapebti. Seperti apa?

Gema Goeyardi, pendiri PT Astronacci Internasional mengatakan, pekan ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis daftar investasi bodong yang dianggap menggalang dana masyarakat tanpa izin. "Ada hal yang sangat paradoks di sini di mana lebih dari 8 perusahaan berjangka resmi versi Bappebti ikut masuk dalam daftar tersebut," katanya kepada INILAHCOM di Jakarta, Senin (10/11/2014).

Selain itu, lanjut dia, terlihat juga MLM seperti Talk Fusion yang menjual software conference online ikut masuk dalam daftar hitam OJK tersebut.

"Kami melihat sebuah kejanggalan yang luar biasa di sini di mana adanya indikasi peperangan antara 2 regulator raksasa di Indonesia dan apabila ditarik lebih jauh nampaknya peperangan antara 2 kementrian penting yakni Keuangan dan Perdagangan," papar dia.

Gema mempertanyakan, bagaimana mungkin perusahaan pialang berjangka yang mendapat izin resmi dari Bappebti, perusahaan yang kebetulan menjual produk IT secara MLM masuk dalam daftar investasi bodong. "Itu bersanding dengan koperasi-koperasi yang memang telah melakukan penipuan juga pihak-pihak penyelenggara money game secara OTC," tuturnya.

Hal ini, dinilai Gema akan menjadi sorotan investor asing yang ada di Indonesia terutama apabila mereka mengetahui aturan regulasi 2 regulator tersebut.

"Investasi bodong merupakan sebutan yang pantas diberikan kepada pihak-pihak yang menyelenggarakan pengumpulan dana masyarakat tanpa izin manapun dari regulator. Tetapi apabila mereka dengan tegas menyelenggarakan praktik OTC (Over The Counter) atas kesepakatan 2 belah pihak, kok bisa disebut investasi bodong," imbuhnya. [jin]

 
Embed Widget

x