Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 30 Agustus 2015 | 14:48 WIB
Hide Ads

Akuisisi Bank BTN Disambut Demo & Mogok

Oleh : Iwan Purwantono | Kamis, 17 April 2014 | 01:08 WIB

Berita Terkait

Akuisisi Bank BTN Disambut Demo & Mogok
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) - ist

INILAHCOM, Jakarta - Rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bakal mendapatkan perlawanan serius dari internal. Rencana mogok nasional dan demonstrasi tengah dirancang.

Satya Wijayantara selaku Ketua Umum Serikat Pekerja Bank BTN mengaku sangat menyayangkan rencana tersebut. Prosesnya berlangsung tidak transparan dan melukai hati masyarakat. Karena posisi Bank BTN adalah penyalur kredit perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kami sangat sayangkan. Tegas kami menolak akuisisi BTN. Prosesnya tiba-tiba, tidak transparan dan melukai rakyat. Selama ini, Bank BTN sangat membantu rakyat kecil dalam mendapatkan perumahan, ungkapnya di Jakarta, Rabu (16/04/2014).

Selanjutnya, Satya mengungkapkan sejumlah agenda penolakan berbentuk unjuk rasa dan mogok nasional. Kalau tak ada aral, aksi demo bakal dimulai sejak Senin (21/04/2014). Aksi damai ini, menyasar beberapa gedung lembaga negara seperti istana negara, kementerian BUMN, KPK, dan DPP Partai Demokrat.

Sedangkan untuk mogok nasional, lanjutnya, kemungkinan digelar saat rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS-LB) pada 21 mei nanti.

Sebelumnya, kami meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia serta nasabah. Kami terpaksa melakukan ini demi kepentingan nasabah juga. Demi menjaga Bank BTN agar tetap bisa menjalankan tugasnya. Membantu masyarakat kecil yang ingin memiliki rumah, terangnya.

Sekedar catatan, skenario akuisisi Bank BTN terkuak dengan adanya surat dari kementerian BUMN bernomor SR-161/MBU/04/2014, tanggal 11 April 2014. Surat yang ditanda tangani Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Jasa Gatot Trihargo itu, memerintahkan Bank BTN untuk menggelar RUPSLB pada Mei nanti.

Dalam RUPSLB, agenda besarnya adalah pengalihan saham pemerintah di Bank BTN kepada Bank Mandiri. Dengan kata lain, akuisisi 60,14% saham BBTN oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.