Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 23:56 WIB

Roger Ver, Miliarder Baru dari Bitcoin

Oleh : Chrissen Daulat Martin | Selasa, 3 Desember 2013 | 15:35 WIB

Berita Terkait

Roger Ver, Miliarder Baru dari Bitcoin
Roger Ver - (Foto : istimewa)

INILAH.COM, New York - Kenaikan tajam uang virtual, bitcoin lebih dari 8.000% selama 2013 telah membuat Roger Ver menjadi jutawan baru. Bagaimana ceritanya?

Bitcoin adalah uang elektronik yang berlaku di jejaring dunia maya, pertama kali dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Dia tak bisa diuangkan, tetapi bisa dipakai untuk membeli banyak barang dan kebutuhan hidup yang dijual melalui internet.

Roger Ver (34) mulai berinvestasi di bitcoin pada awal tahun 2011. Dia mulai membeli bitcoin persama di harga US$1. Ver tidak menyangka dengan kenaikan harga menjadi US$1.000 maka dia menjelma menjadi jutawan baru. Bahkan dia mendapat julukan Yesusnya bicloin.

Betapa tidak kekayaannya saat ini meledak dengan harga dari US$0,30 sampai US$32 sebelum menetap di US$2. Tetapi Ver tetap merasa tidak kaya walaupun merasa lebih likuid daripada dengan rekening di bank normal.

Investor seperti Ver berjumlah raturan. Ver memiliki banyak bisnis yang berkaitan dengan bitcoin dan secara aktif mempromosikannya. "Saya yakin Peter Vessenes atau ketua Yayasan Bitcoin, memberi saya julukan itu (Yesusnya bilcoin) ketika kami berada di BBQ bersama. Saya menjelaskan bitcoin kepada dua lusin anak-anak SMA. Anak-anak semua terpesona oleh bitcoin, dan menggantungi setiap kata-kata saya," katanya seperti mengutip cnbc.com, Selasa (3/12/2013).

"Peter kemudian berkomentar "Anda seperti Yesus, memiliki semua murid-murid di sekitar Anda," tambahnya.

MemoryDealers.com website pribadinya, yang menjual bagian-bagian komputer, menjadi bisnis utama pertama yang menerima Bitcoins sebagai pembayaran. Jadi melalui bisnis ini ia membuat satu juta pertamanya dalam dolar, pada tahun 2003.

Ver yang lahir dan dibesarkan di Silicon Valley kemudian pindah ke Tokyo, Jepang pada tahun 2005. Setelah menjalani hukuman 10 bulan penjara federal untuk menjual produk yang disebut "Pest Control Report 2000" ia digambarkan sebagai petasan yang digunakan oleh petani untuk mengusir binatang dari ladang jagung di eBay.

Sebelum itu, pada tahun 2000, ia mencoba peruntungan dalam politik, mencalonkan sebagai Libertarian California State Assembly. Namun kalah.

Sementatra dengan meroketnya bitcoin dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan kekhawatiran bahwa mungkin ada gelembung spekulatif. Tetapi Ver mengatakan ini bukan masalah baginya.

Pada US$1.000, Ver menganggap Bitcoin sangat murah, mencatat bahwa jika keuntungan dari popularitas maka setiap bitcoin akan bernilai puluhan atau ratusan ribu dolar.

"Kenaikan harga yang cepat karena orang-orang dengan uang cash mulai menyadari betapa pentingnya sebuah penemuan Bitcoin," katanya.

"Bitcoin akan mengalami banyak gelembung di sepanjang jalan untuk meningkatkan kehidupan semua orang di planet ini. Saya tidak peduli dengan fluktuasi harga jangka pendek," tambahnya.

Ver, yang saat ini menggunakan bitcoins untuk membayar pabrik di China untuk memproduksi komponen elektronik perusahaannya, mengatakan ia berencana menggunakannya untuk mempromosikan ide-ide dari asas kesukarelaan dan kebebasan ekonomi di masa depan .

Pekan terakhir ini, Ver memberikan sumbangan amal berbasis bitcoin terbesar yang pernah ada Ver menyumbangkan 1.000 Bitcoins (lebih dari US$1 juta ) kepada Yayasan Pendidikan Ekonomi. Sebuah organisasi Amerika yang mempromosikan prinsip-prinsip ekonomi laissez-faire, milik pribadi dan pemerintah terbatas kepada siswa.

Komentar

x