Rabu, 16 April 2014 | 18:52 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Headline
Prospek Semi-Investasi di Saham Konstruksi
Headline
(Foto : inilah.com)
SEBELUMNYA BERIKUTNYA
Oleh: Ahmad Munjin
pasarmodal - Rabu, 24 Juli 2013 | 05:25 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Seiring gencarnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, emiten konstruksi BUMN dinilai prospektif. Inilah prospek semi-investasi pada saham-saham tersebut.

Pada perdagangan Selasa (23/7/2013) saham PT Wijaya Karya (WIKA.JK) ditutup menguat Rp25 (1,14%) ke Rp2.200; PT Pembangunan Perumahan (PTPP.JK) stagnan di Rp1.480; PT Waskita Karya (WSKT.JK) stagnan di Rp830; PT Adhi Karya (ADHI.JK) turun Rp25 (0,77%) ke Rp3.200; dan PT Semen Baturaja (SMBR.JK) naik Rp15 (3,37%) ke Rp460 per saham.

Pengamat pasar modal Sem Susilo mengatakan, saham-saham sektor konstruksi milik BUMN sangat prospektif. “Sebab, Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya memprioritaskan pembangunan infrastruktur,” katanya kepada INILAH.COM.

Menurut Sem, salah satu infrastruktur yang monumental adalah proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). JSS melibatkan lima perusahaan Karya BUMN. Tiga di antaranya adalah emiten WIKA, WSKT, dan ADHI. “Untuk investasi, saham-saham sektor konstruksi BUMN sangat aman,” ujarnya.

JSS, kata Sem, memang merupakan proyek jangka panjang. Tapi, untuk jangka pendek pun, WIKA, PTPP, WSKT, ADHI, dan PTPP kebanjiran proyek pemerintah. “Jadi, untuk masa kini sudah bagus, apalagi masa depan,” tuturnya.

Dari sisi tren harga, lanjut dia, saham-saham sektor konstruksi adalah penguatan. Sebab, saham-saham ini termasuk sektor yang sangat aman. Indonesia menuju negara besar yang secara otomatis membutuhkan pembangunan infrastruktur yang besar juga. “Saya rekomendasikan terus akumulasi beli untuk saham-saham tersebut,” ucapnya.

Dari sisi Price to Earnings Ratio (PER), masih wajar. Kalaupun PER memang agak tinggi, untuk sektor konstruksi itu tidak masalah. Sebab, saham sektor ini termasuk sektor yang aman. Jika semuanya bagus, berapa target harganya dan saham apa yang paling dijagokan?

SEBELUMNYA BERIKUTNYA

HIGHLIGHTS NEWS LAINNYA

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.