Rabu, 30 Juli 2014 | 07:55 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Bank Kesejahteraan Ekonomi, IPO untuk Ekspansi
Headline
Ist
Oleh: Bastaman
pasarmodal - Senin, 29 April 2013 | 08:30 WIB

INILAH,COM, Jakarta - Ke depan, tampaknya, akan semakin banyak bank yang mencatatkan diri di bursa saham. Soalnya, berdasarkan Peraturan BI No. 14/26/PBI/2012, cakupan kegiatan bank ditentukan oleh besarnya modal inti. Agar bisa beroperasi di seluruh pelosok Indonesia, misalnya, sebuah bank harus memiliki modal inti minimal Rp 1 triliun hingga kurang dari Rp5 triliun.

Penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) rupanya menjadi pilihan Bank Kesejahteraan Ekonomi dalam meningkatkan permodalannya. Dalam IPO nanti, bank milik Induk Koperasi Pegawai Republik Indonesia (IKP-RI) ini berencana melepas 35% saham. Saat ini proses pelepasan saham baru sampai tahap persiapan.

Kondisi keuangan Bank Kesejahteraan boleh dibilang pas-pasan. Dengan rasio kecukupan modal (CAR) 12%, tahun lalu kredit yang dikucurkan bank swasta ini hanya tumbuh 8% menjadi Rp2,07 triliun. “Padahal pasar kredit koperasi masih sangat besar,” kata Yunianto Budi Sumardjono, Dirut PT Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Kecilnya pertumbuhan kredit itu mengakibatkan Bank Kesejahteraan hanya meraih laba Rp49,74 miliar. Nah, dengan menjual 35% saham ke masyarakat, maka CAR Bank Kesejahteraan dipresdiksi akan naik jadi 18%. Sedang kredit yang disalurkan akan meningkat 12% menjadi Rp2,32 triliun.

Keputusan IPO yang diambil Bank Kesejahteraan, menurut seorang analis, sudah tepat. Sebab, kendati bank ini tergolong bank kecil, namun saham perbankan masih sangat diminati pasar. Apalagi di Tanah Air saat ini ada ada 10.500 koperasi pegawai negeri (KPN). Sementara yang baru dilayani Bank Kesejahteraan baru 2.400 KPN atau 22% dari pasar.

Agar diperoleh hasil yang optimal, si analis tadi menyarankan agar Bank Kesejahteraan memilih waktu yang tepat dalam melakukan IPO. Namun ia melihat saham perbankan masih cukup diminati investor karena keuntungan di sektor ini cukup tinggi. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.