Jumat, 31 Oktober 2014 | 23:16 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pelaku Pasar Disarankan Jual Saham di Harga Atas
Headline
(Foto : inilah.com)
Oleh: Ahmad Munjin
pasarmodal - Rabu, 24 April 2013 | 12:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Meski laju IHSG Rabu (24/4/2013) diprediksi naik, pelaku pasar disarankan untuk jual saham di harga atas. Sebab, banyak saham yang memberikan sinyal negatif kemarin. Seperti apa?

Pada sesi pertama perdagangan Rabu (24/4/2013) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup menguat 17,17 poin (0,35%) ke posisi 4.992,497. Level terendah 4.987,104 dan tertinggi 5.011,547.

Satrio Utomo, kepala riset PT Universal Broker Indonesia mengatakan, sempat sedikit goyah akibat tweet palsu dari Associated Press mengenai serangan pada Gedung Putih, Dow Jones Industrial Average (DJIA) semalam akhirnya tutup pada level 14.719,46, naik 1,05% (152,29 poin). “Kenaikan ini sebagai respons pasar atas sentimen positif dari pengumuman kinerja emiten,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Menurut dia, sentimen positif dari bursa regional ini, diharapkan bakal membuat IHSG kembali melakukan pengujian atas resistance dari kisaran flat 4.975-5025. “Angka ini sudah hampir seminggu menahan tren naik dari IHSG,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, meski IHSG hari ini diperkirakan bergerak naik, tapi banyaknya saham yang kemarin memberikan sinyal negatif, sebaiknya tetap membuat pemodal berhati-hati. “Saya sarankan pemodal tetap dalam posisi Sell on trength,” tuturnya.

Dia menegaskan, hanya penutupan di atas level psikologis 5.000 yang bisa memberikan sinyal positif bagi pergerakan IHSG ke depan.

Secara terpisah, Samuel Utomo, Kepala Riset PT Astronacci International mengatakan, pergerakan IHSG saat ini telah memasuki fase correction untuk pembentukan bottoming, sebelum melanjutkan tren penguatan kembali. “Pada dasarnya, pergerakan harga masih dalam sebuah wave 5 diagonal triangle atau sebuah pola Rising Wedge yang akan memberikan indikasi akan adanya panguatan harga lanjutan,” ujarnya.

Kondisi ini juga, kata dia, diperkuat dengan Siklus Moon Eclipse pada 25 April 2013 besok yang berpotensi memberikan sinyal bottoming pada harga. “Karena itu, IHSG akan bergerak menguat kembali menuju area resistance di 5.140-5.195,” ungkap dia.

Menurut Samuel, pelaku pasar masih punya kesempatan untuk meraih keuntungan sampai tanggal 9 Mei 2013 saat munculnya Solar Eclipse. “Kami selalu mengingatkan Anda supaya selalu memperhatikan faktor manajemen resiko dengan baik dan disiplin trading dari saham yang dimiliki sehingga performa trading Anda dapat maksimal,” papar Samuel.

Dalam kondisi pasar yang cenderung volatile seperti saat ini, kata dia, pemodal perlu mempertimbangkan penerapan manajemen risiko yang lebih ketat dengan menyesuaikan besaran posisi trading Anda.

Samuel menyodorkan dua saham yang akan menjadi pertimbangan sebagai saham yang potensial bagi portofolio Anda. Dua saham tersebut adalah PT Indo Tambang Raya Megah (ITMG) dan PT United Tractor (UNTR).

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.