Kamis, 23 Oktober 2014 | 16:21 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Holcim Mempertimbangkan Kenaikan Harga Jual Semen
Headline
PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) - ist
Oleh: Agustina Melani
pasarmodal - Selasa, 2 April 2013 | 15:25 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) mempertimbangkan untuk menaikkan rata-rata harga jual semen pada 2013.

Direktur Utama PT Holcim Indonesia Tbk, Eamon Ginley mengakui, kenaikan biaya listrik, upah dan logistik mempengaruhi biaya produksi. Pihaknya pun telah menaikkan harga rata-rata penjualan sekitar 8% pada 2013.

"Kami mengantisipasi kenaikan biaya-biaya, mungkin kenaikan sekitar inflasi. Biaya listrik, upah, dan logistik menjadi fokus utama untuk perseroan," tutur Eamon saat paparan publik perseroan, Selasa (2/4/2013).

Eamon menambahkan, untuk menghemat biaya energi ke depan, perseroan akan membeli batu bara berkalori rendah, yang lebih murah. Alhasil, menghemat biaya energi. "Kita dapat hemat banyak sekitar 80% energi dari batu bata sehingga menghemat biaya," kata Eamon.

Pembangunan pabrik di Tuban baik tahap pertama dan kedua juga menggunakan batu bara dengan kalori rendah. Selain itu, logistik dengan menggunakan sistem yang lebih modern dengan pengepakan. Perseroan lebih banyak menggunakan jalur kereta api dibandingkan lewat jalur darat untuk menghemat biaya." Dari logistik ini buat silo untuk ukuran bulk di daerah yang memerlukannya," ujar Eamon.

Untuk menghemat biaya produksi, perseroan juga langsung memasarkan produk ke Jawa Timur. Kebtuhan semen di wilayah tersebut sekitar 7 juta ton. kebutuhan 7 juta ton di Jawa Timur, perseroan baru mensuplai 1 juta ton. Menurut Eamon, langkah tersebut dapat menghemat biaya.

Saat ditanya mengenai pembagian dividen 2012, Eamon mengatakan, dividen 2012 sebesar Rp80 per saham merupakan 40% dari laba bersih 2012. Perseroan mencatatkan laba bersih sekitar Rp1,38 triliun pada 2012 dari 2011 sekitar Rp1,05 triliun. [ast]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
iwan
Rabu, 12 Juni 2013 | 11:29 WIB
saya ingin menanyakan, kenapa harga semen di kota serang dan di kota bogor berbeda? dan kenapa perbedaan harganya begitu jauh? di kota serang harga semen holccim Rp 62000. dan di kota bogor Rp 54000 berarti perbedaan harga mencapai Rp 8000 sedangkan pabrik semen holcim, di bogor dan di serang ada. mohon jawabannya, Terima kasih
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.