Kamis, 27 November 2014 | 06:51 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Minim Sentimen, IHSG Dibuka Turun 16 Poin
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Th. Asteria
pasarmodal - Selasa, 18 September 2012 | 09:34 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Indeks dibuka melemah, seiring aksi ambil untung yang melanda bursa.

Pada perdagangan preopening Selasa (18/9/2012), IHSG berada di level 4.247,37,atau turun 7,91 poin (0,19%). Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 turun 2,02 poin (0,27%) ke level 730,8540.

Pada pembukaan, IHSG melanjutkan koreksi dengan anjlok 16,78 poin (0,39%) ke level 4.238,50 dan indeks LQ45 melemah 3,22 poin (0,44%) ke level 729,652.

Adrianus Bias dari Samuel Sekuritas memperkirakan IHSG hari ini akan mengalami tekanan profit taking, seiring minimnya sentimen positif baru, baik dari domestik maupun regional. “Support indeks berada di level 4.200,”ujarnya.

Menurutnya, pasar akan memfaktorkan keputusan pemerintah yang akan menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 15% secara bertahap di 2013.

Adapun beberapa saham yang telah menguat signifikan sepekan terakhir, dinilai cukup rawan profit taking. Seperti United Tractor (UNTR), Semen Gresik (SMGR), Adaro Energy (ADRO), TB Bukit Asam (PTBA), Vale Indonesia (INCO) dan Astra Agro Lestari (AALI).

Pascareli dalam tiga hari terakhir, bursa AS dan Eropa mulai diterpa aksi profit taking dengan memanfaatkan sentimen negatif dari rilis data manufaktur New York yang jauh di bawah ekspektasi dan kegagalan pemimpin Uni Eropa memutuskan unifikasi sistem perbankan untuk mengatasi krisis utang.

Koreksi juga terjadi pada mayoritas harga komoditas dunia dengan minyak terkoreksi ke level US$96.6/barel diikuti harga metal dunia dan juga harga soft commodities seperti soybean dan CPO.

Bursa Asia pagi ini dibuka mixed dengan kecenderungan terkoreksi memfaktorkan profit taking di bursa global semalam serta penurunan harga komoditas dunia. Sementara harga minyak pagi ini melanjutkan koreksinya ke level US$96.3/barel dan nilai tukar rupiah melemah tipis ke level Rp9.475 per dolar AS. [ast]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.