Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:33 WIB

Inilah Menu Saham Pilihan Hari Ini

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 2 Agustus 2012 | 04:00 WIB
Inilah Menu Saham Pilihan Hari Ini
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pada perdagangan saham Kamis (2/8/2012) ada beberapa saham yang dapat dijadikan pilihan.

Pengamat pasar modal, Jeremiah Rio Rizaldi merekomendasikan saham BBNI dan GGRM. Untuk saham BBNI, setelah menembus resisten kuat di 3.900, saat ini sedang menguji level level 3.900 sebagai support.

Jika BBNI mampu bertahan di atas 3.900, saham ini berpeluang melanjutkan penguatan menuju 4300 dengan minor target 4150 dan 4000. MACD yang meningkat menunjukkan saham ini bergerak positif. Saham BBNI disarnakan beli dengan stoploss di 3.775.

Untuk saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM) terus mengalami penurunan setelah gagal bertahan di atas MA200. Penurunan GGRM yang tergolong sangat cepat hampir mencapai target penurunan awal di 51.500 dan telah menembus Lower Bollinger Band sehingga peluang rebound cukup terbuka ke kisaran 54.000. Saham GGRM disarankan untuk trading buy dengan memanfaatkan momentum rebound dengan sStoploss level 50.050.

Sementara analis saham Panin Sekuritas, Purwoko Sartono mengatakan IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah pada kisaran support-resistance 4.100-4.149.

Dari sisi teknikal, ujarnya, IHSG sudah memasuki wilayah overbought seperti yang terlihat pada indikator RSI, Stochastic Oscillator, maupun Bollinger Band yang sudah menembus upper band. "Saham pilihan BJBR, TBIG, KIJA, SSIA," jelasnya.

IHSG pada perdagangan Rabu kemarin, melemah didorong oleh profit taking yang dilakukan investor menyusul penguatan indeks yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Pelemahan indeks juga dipengaruhi oleh sentimen negatif dari bursa regional yang masih menunggu pernyataan bank sentral Amerika terkait kebijakan apa saja yang akan diambil pada hari ini.

The Fed akan memulai meetingnya pada hari ini dan selesai pada hari kamis. Ada kemungkinan juga Fed akan menunggu hingga September untuk memberikan stimulus pada pertemuan kali ini.

Selain The Fed, Bank Sentral Eropa (ECB) juga akan mengumumkan kebijakan mengenai suku bunga acuannya pada tgl 2 Agustus. Sebelumnya ECB juga telah menyatakan komitmennya untuk menjaga mata uang euro.

Pergerakan pasar kemarin juga diwarnai oleh pengumuman inflasi bulan Juli sebesar 0,7% oleh BPS. Dengan melemahnya harga komoditas serta mulai meredanya euforia dari laporan kinerja emiten semester 1 2012. Kondisi ini sebagian sudah terefleksikan pada harga saham emiten tesebut.

 
x