Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 April 2015 | 02:03 WIB
Hide Ads

BRI Bakal Tuntaskan Akuisisi Sekuritas Juni 2012

Oleh : Charles MS | Jumat, 27 April 2012 | 14:24 WIB
BRI Bakal Tuntaskan Akuisisi Sekuritas Juni 2012
IST

INILAH.COM, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Sofyan Basir memastikan akuisisi terhadap perusahaan sekuritas bisa dituntaskan pada Juni 2012.

"Saat ini kami tengah melakukan uji tuntas (due dilligence) atas dua perusahaan sekuritas. Kami mengharapkan closingnya bisa terlaksana pada Juni 2012," kata Direktur Utama BRI Sofyan Basir usai paparan kinerja kuartal I 2012 perseroan di Jakarta, Jumat (27/4/2012).

Ia mengungkapkan perusahaan sekuritas yang tengah diuji tuntas itu berasal sekuritas asing dan lokal. "Untuk mengakuisisi sekuritas tersebut BRI menginginkan kepemilikan mayoritas di atas 50%," tukasnya.

Untuk mengakuisisi sekuritas tersebut, kata Sofyan, BRI sudah menyiapkan dana dari internal sebesar Rp2 triliun. "Kalau untuk beli PT Danareksa Sekuritas dan PT Bahana Securities, bisa dong. Tapi, kalau beli Mandiri Sekuritas kayaknya mahal, soalnya Mandirinya sudah gede," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan BRI berharap rencana akuisisi terhadap salah satu perusahaan sekuritas ini bisa terealisasi semester II-2012. Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengaku jika rencana tersebut harus terlebih dahulu dibicarakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. "RUPS dulu baru action. Harapan tahun ini, semester dua mudah-mudahan masuk," katanya beberapa waktu lalu.

Diakuinya, dalam membidik perusahaan sekuritas tersebut, akan dipilih perusahaan yang nilai asetnya masuk dalam kategori 10 besar. "Yang size-nya besar, mungkin 10, 20, ya 10 besar lah," akunya.

Sebagaimana diketahui, BRI telah mempersiapkan Rp300 miliar untuk mengakuisisi perusahaan sekuritas. Sofyan menuturkan, hal tersebut dilakukan karena perbankan pelat merah tersebut ingin mengembangkan sayap ke bidang industri brokerage (sekuritas).

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.