Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 04:26 WIB

TINS Segera Bangun Pilot Project Raw Material

Oleh : Charles MS | Sabtu, 21 Januari 2012 | 06:15 WIB
TINS Segera Bangun Pilot Project Raw Material
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Timah Tbk (TINS) berencana melakukan pengolahan terhadap iron oer (raw material) dari slag atau terak timah.

Hal ini disampaikan Kepala Unit Metalurgi TINS Muhammad Rizki dalam keterangannya, Jumat (20/1). Langkah ini dilakukan mengacu UU No. 4 Tahun 2009 berlaku, ekspor iron ore (raw material) sudah tidak diperbolehkan lagi.

Rencana pengolahan raw material itu sendiri menurut Rizki masih dalam tahap penelitian yanh sudah dimulai sejak tahun ini. Tanur pengolahannya rencananya akan dibangun di daerah Tanjung Ular, Bangka. "Tahun ini sudah ada rencana untuk membangun pilot project dengan kerjasama dengan Batan. Sekarang kita tinggal menghitung economic of scale-nya saja," ujarnya di Muntok, Bangka, Jumat (20/1).

Sementara menurut Wakil Kepala Unit Metalurgi TINS Ebbi Wibisana menyampaikan kapasitas raw material yang sudah terkumpul hingga saat ini mencapai 400 ton.

Sesuai aturan raw material itu diawasi Badan Pengawa Tenaga Nuklir (Bapeten) dengan menunjuk PPR (Petugas Proteksi Radioaktif). Terkait pembiayaan protek ini akan diambil sepenuhnya dari internal kas Perseroan. "Pengolahan raw material ini pun sangat berpotensi untuk pengembangan bisnis baru Perseroan ke depan," tukasnya.

Komentar

Embed Widget
x