Find and Follow Us

Sabtu, 23 November 2019 | 03:19 WIB

Dibayangi Harga Batubara, BUMI Sepekan Naik Tipis

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati, Agusti | Minggu, 18 Desember 2011 | 14:43 WIB
Dibayangi Harga Batubara, BUMI Sepekan Naik Tipis
kontan.co.id
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pergerakan harga saham Bumi Resources (BUMI) minim sentimen sepanjang pekan ini. Kekhawatiran akan kondisi harga batubara membayangi sikap para investor.

Analis Ecocapital Securities Cece Ridwan mengungkapkan, saham-saham yang akan mengalami tekanan mendalam adalah saham yang memiliki basis komoditas seperti bahan tambang termasuk batubara, dengan adanya krisis yang masih berlanjut.

"Bila krisis berlanjut di Eropa yangtertekan itu adalah komoditas karena pemintaan disana akan menurun," tuturnya kepada INILAH.COM di Jakarta.

Hal tersebut nampaknya sudah mulai dirasakan oleh pergerakan saham BUMI selama sepekan terakhir, yaitu berada pada kisaran 2.200-an dan hanya naik 50 poin saja.

Kepala Riset PT Universal Broker Satrio Utomo senada dengan Cece, terkait tekanan harga batubara akibat krisis Eropa yang belum tuntas. "Belum ada sentimen baru yang mempengaruhi pergerakan saham BUMI, sentimen yang mempengaruhi hanya harga batu bara melemah," ujar Satrio.

Pada Kamis (15/12), investor asing tercatat yang paling banyak melakukan pembelian saham BUMI yaitu mencapai 43,04 juta saham dari volume perdagangan 99,8 juta saham dengan total transaksi Rp219,1 miliar.

Dalam sepekan ini, saham BUMI hanya sekali mengalami pelemahan yaitu pada hari kedua pekan lalu dengan turun 75 poin ke 2.150 dari 2.225. Namun pada 3 hari perdagangan lainnya menguat dan 1 hari stagnan.

Komentar

Embed Widget
x