Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 15:10 WIB

Peraturan Bapepam-LK V.D.3

Pemisahan Rek Dana untuk Keamanan Investor

Oleh : Agustina Melani | Sabtu, 17 Desember 2011 | 11:30 WIB
Pemisahan Rek Dana untuk Keamanan Investor
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pelaksanaan peraturan V.D.3 terkait pemisahan rekening dana nasabah dengan rekening milik nasabah dengan rekening dana milik perusahaan efek diakui masih belum dapat sepenuhnya dilakukan perusahaan efek. Hal ini terkait nasabah yang masih belum "aware" dengan pemisahan rekening dana milik nasabah dengan rekening dana perusahaan efek.

"Anggota bursa masih berusaha untuk comply peraturan Bapepam-LK V.D.3 apalagi Bapepam-LK sudah issue kalau pembukaan rekening dana nasabah oleh perusahaan efek efektif pada 1 Februari 2012 tetapi hingga saat ini masih belum beres. Perusahaan efek masih ada yang belum buka rekening dana nasabahnya sebanyak 100 persen. Hal itu dikarenakan nasabah sulit dihubungi dan belum mengetahui peraturan tersebut," ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) Lily Widjaja, saat ditemui wartawan belum lama ini.

Lebih lanjut ia menuturkan, memang memerlukan waktu untuk mensosialisasikan pemisahan rekening dana nasabah dengan rekening dana perusahaan efek kepada nasabah.

Hal senada dikatakan Direktur Utama PT Indo Premier Securities Alpino Kianjaya. Menurut Alpino, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada nasabah terkait pemisahan rekening dana nasabah dengan rekening perusahaan efek. Sosialisasi tersebut telah dilakukan melalui email, surat kepada nasabah, online, dan kerjasama beberapa bank yang ditunjuk seperti BNI, BCA, Bank Mandiri, Bank Permata, dan Bank CIMB Niaga.S Meski begitu, feedback nasabah dinilai masih kurang. Saat ini jumlah nasabah Indo Premier mencapai 20 ribu-30 ribu nasabah.

"Kita sudah menginformasikan kepada nasabah mengenai pemisahan rekening dana tersebut tetapi kadang nasabah belum memberikan feeback, padahal pemisahan rekening dana nasabah dan pembukaan rekening dana nasabah tersebut untuk melindungi investor. Tetapi yang penting komitmen anggota bursa untuk melakukan informasi kepada nasabah sehingga dapat melakukan peraturan itu," jelas Alpino.

Alpino menanggapi positif pemisahan rekening dana nasabah dengan rekening dana perusahaan efek. Pemisahan rekening dana nasabah tersebut untuk menjaga keamanan dana nasabah agar tidak disalahgunakan. "Dengan pemisahan rekening dana nasabah itu nasabah dapat cek punya portofolio dan dana, harusnya itu dimanfaatkan oleh nasabah," kata Alpino.

Seperti diketahui, self regulatory organization (SRO) yang terdiri dari KSEI, KPEI, dan BEI, serta Bapepam-LK membuat peraturan Bapepam-LK No.V.D.3. Dalam peraturan ini mengakomodasi untuk melakukan pemisahan rekening dana milik nasabah dengan rekening dana milik nasabah dengan rekening dana milik perusahaan efek. Dengan peraturan tersebut perusahaan efek diwajibkan untuk membuka rekening dana atas nama nasabahnya di bank

Pembukaan rekening dana nasabah oleh perusahaan efek ini efektif pada 1 Februari 2012. Terkait aturan pemisahan dana nasabah ini melengkapi peluncuran kartu AKSes. Dengan kartu AKSes maka investor dapat nomor identitas tunggal pemodal (Single Investor ID) yang memungkinkan melakukan pengecekan portofolio efek langsung di KSEI.

Komentar

Embed Widget
x