Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 05:12 WIB

Ekonomi RI Tahan Krisis, Fitch Naikkan Rating

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Kamis, 15 Desember 2011 | 18:50 WIB
Ekonomi RI Tahan Krisis, Fitch Naikkan Rating
facebook twitter

INILAH.COM, Hong Kong - Fitch Ratings menaikkan rating Indonesia dari BB+ menjadi BBB- dengan outlook stabil. Hal ini sehubungan dengan keperkasaan perekonomian Indonesia.

"Kenaikan peringkat tersebut mencerminkan pertumbuhan yang kuat dan tangguh ekonomi negara, rendahnya rasio utang publik, kuatnya kondisi likuiditas dan kerangka kebijakan makro yang prudent secara keseluruhan," ungkap Direktur Sovereign Fitch Ratings Asia Pasifik Philip McNicholas, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/12).

Fitch memproyeksikan pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia rata-rata lebih dari 6 % per tahun hingga 2013, meski kondisi ekonomi global kurang kondusif. Perekonomian Indonesia yang berorientasi dalam negeri serta keberhasilan Indonesia dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat tanpa harus bergantung pada kondisi eksternal ataupun pada pembiayaan jangka pendek eksternal menunjukkan prospek pertumbuhan ekonomi yang tahan terhadap guncangan dari luar, seperti yang terjadi pada tahun 2008.

"Utang publik yang rendah dan suku bunga riil yang positif memberikan fleksibilitas bagi otoritas kebijakan untuk mengambil langkah dalam merespon perlambatan." ujarnya.

Menurut Fitch, menguatnya pendanaan eksternal melalu akumulasi cadangan yang substansial telah mengisolasi ekonomi domestik dan kestabilan finansial selama periode terjadinya perluasan gejolak aliran modal pada portofolio.

"Yang penting, meskipun rasio likuiditas di Indonesia tercatat sebesar 119 persen di bawah median 'BBB' yang sebesar 140 persen. Namun keseimbangan dasar diproyeksikan masih tetap surplus. Hal ini memitigasi kerentanan terhadap potensi gejolak aliran dana jangka pendek," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x