Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 09:28 WIB

Pergerakan IHSG

Pelaku Pasar Masih Fokus pada Eropa

Oleh : Agustina Melani | Minggu, 11 Desember 2011 | 13:05 WIB
Pelaku Pasar Masih Fokus pada Eropa
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih dipengaruhi perkembangan terbaru berita Eropa dan pertemuan The Fed pada 13 Desember mendatang.

"Pelaku pasar masih akan concern dengan berita seputar Eropa ditambah The Fed akan menyinggung atau tidak soal quantative easing ketiga pada 13 Desember yang diharapkan bisa menaikkan likuiditas pasar," ujar Kepala Riset PT Batavia Prosperindo Sekuritas Billy Budiman, saat dihubungi INILAH.COM, Minggu (11/12).

Lebih lanjut ia menuturkan, hasil KTT Uni Eropa (UE) tidak terlalu positif bagi bursa saham. Selain itu, EFSF (Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa) hanya mempunyai dana sebesar 250 miliar euro padahal Italia saja sendiri membutuhkan dana sebesar 400 miliar euro untuk utangnya pada 2012. IHSG diprediksikan di level 3.700-3.830 pada pekan depan.

Menurut Billy, momentum window dressing diharapkan dapat menaikan indeks saham. Investor asing dinilai masih fokus pada saham PT Astra International Tbk (ASII), tetapi ada juga fund manager yang akan mencoba menggenjot dana kelolaan reksa dana. Hal itu dikarenakan IHSG tidak naik sebanyak yang diperkirakan fund manager. "Hal itu membuat fund manager akan memilih saham yang masih murah secara valuasi tapi jarang terdengar seperti saham PT Surya Internusa Tbk (SSIA), PT Bhakti Investama Tbk (BHIT), ADMG, TBLA, dan LPCK," kata Billy.

Billy pun optimis, window dressing akan terjadi pada akhir tahun 2011 ini. "Saya masih yakin window dressing akan kejadian pada 2008 pas ekonomi resesi saja, bulan Desember masih positif," tutur Billy.

Komentar

Embed Widget
x