Jumat, 19 Desember 2014 | 04:38 WIB
Follow Us: Facebook twitter
April, PTBA Raih Komitmen Dana Proyek Kereta Api
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Agustina Melani
pasarmodal - Kamis, 1 Desember 2011 | 18:14 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Penyelesaian finalisasi pendanaan proyek kereta api batu bara dari Tanjung Enim, Sumatera Selatan ke Bandar Lampung sepanjang 300 KM diharapkan selesai April 2012.

"Kita harapkan finalisasi pendanaan pada April 2012, dan proses proyek ini tidak ada kemunduran. Proyek ini diharapkan selesai pada 2015," ujar Direktur Utama PT Tambang Bukit Asam Tbk, Sukrisno, saat acara 30 tahun Chairul Tanjung Berkarya, Kamis (1/12).

Kabar terakhir, China Development Bank (CDB) akan mendanai proyek ini sebesar US$1,3 miliar berdasarkan rasio pendanaan utang berbanding ekuitas 30:70.

Hal itu masuk dalam penandatanganan kerangka kesepakatan pendanaan (financing framework agreement) antara PT Bukit Asam Transpacific Railways (BATR), China Development Bank (CDB), dan China Railways Group Limited.

Kerangka kesepakatan di bidang keuangan ini mengatur skema pendanaan proyek kereta api batu bara dari Tanjung Enim, Sumatera Selatan ke Bandar Lampung sepanjang 300 KM yang akan melintasi delapan kabupaten dan satu kotamadya.

Proyek ini merupakan proyek terintegrasi mulai dari tambang batubara, infrastruktur transportasi kereta api hingga logistik pelabuhan. Proyek ini akan dibangun dan dioperasikan oleh BATR.

BATR merupakan perusahaan patungan antara Grup Rajawali melalui anak perusahaannya Rajawali Asia Resources (90%), PT Bukit Asam Tbk (10%) dan China Railway Group Limmited (memiliki hak opsi kepemilikan 10%).

Sedangkan untuk mengelola penambangan batubara, akan dikerjakan oleh BAB yang merupakan perusahaan patungan antara PT Bukit Asam Tbk (65%) dan Rajawali Asia Resources (35%). Perusahaan patungan itu akan memproduksi batu bara rata-rata 25 juta ton per tahun selama 20 tahun yang akan diangkut oleh BATR yang akan beroperasi mulai tahun 2016. [hid]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.