Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 02:01 WIB

Krisis Global Perburuk Pasar Saham Indonesia

Oleh : Tio Sukanto | Jumat, 7 Oktober 2011 | 19:44 WIB
Krisis Global Perburuk Pasar Saham Indonesia
Pengamat Ekonomi, Fauzi Ichsan - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat Ekonomi, Fauzi Ichsan mengungkapkan krisis global akan mempengaruhi bursa saham Indonesia.

Oleh karena itu dirinya meminta kepada para investor pemula agar tidak sembarangan melakukan investasi disaat pasar bursa sedang mengalami penurunan. "Untuk investor pemula jangan investasi semua. Masuk saja 10-20%, sembari menunggu bursa saham turun kedasarnya," kata Pengamat ekonomi, Fauzi Ichsan kepada INILAH.COM, di Jakarta Jum'at (7/10).

Fauzi menjelaskan bahwa menurunnya pasar bursa dikarenakan krisis ekonomi yang terjadi di Amerika dan Eropa belum bisa membaik, akibatnya secara tidak langsung hal itu berpengaruh terhadap kepada pasar saham Indonesia. Namun begitu dirinya optimis meskipun diperkirakkan akan membutuhkan waktu yang lama krisis tersebut akan bisa diatasi.

"Saya percaya IMF dan Bank Dunia akan bertindak, walaupun itu lambat," kata dia.

Selain itu dirinya memperkirakan bahwa harga emas juga akan tetap tinggi, selama tidak ada kepastian perbaikan krisis tersebut. "Untuk satu bulan ini akan volatile (rentan). Karena beban utang di beberapa negara eropa semakin tinggi," jelas dia.

"Yunani misalnya memiliki hutang semakin tinggi yaitu 160% dari PDB," katanya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x