Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 13:07 WIB

Khawatir Ekonomi AS, Bursa Eropa Dibuka Anjlok

Oleh : Charles MS | Jumat, 2 September 2011 | 15:06 WIB
Khawatir Ekonomi AS, Bursa Eropa Dibuka Anjlok
financialpost.com
facebook twitter

INILAH.COM, London - Saham Eropa turun tajam pada Jumat (2/9), di tengah kekhawatiran non-farm payrolls AS yang bisa menyoroti keadaan rapuh dari pemulihan ekonomi negara terbesar dunia ini dan sinyal resesi.

Mengutip Reuters, Indeks FTSEurofirst 300 saham Eropa jatuh 1,1 persen ke 962,97 setelah naik 0,7 persen pada sesi sebelumnya. "Saya pikir angka kerja akan lebih buruk dari yang diperkirakan. Hal ini bisa menjadi sentakan untuk pasar saham dan harga bisa jatuh lebih jauh," kata Koen De Leus, strategist KBC Securities di Brussel.

"Harapan QE3 (putaran lain pelonggaran kuantitatif) telah membantu saham pada hari terakhir, tapi akhirnya pasar membutuhkan lingkungan ekonomi yang lebih baik, yaitu tambahan stimulus dan hasil pendapatan perusahaan."

Data non-farm payrolls AS diperkirakan menunjukkan peningkatan 75.000 pekerja, meskipun pasar membisikkan jumlah itu lebih rendah setelah pada pukul 12.30 GMT diumumkannya penurunan komponen tenaga kerja dari indeks aktifitas pabrik Institute for Supply Management.

Saham bank Eropa turun 1,6 persen, dengan investor berhati-hati setelah laporan New York Times mengatakan gugatan sedang dipersiapkan untuk diserahkan ke bank-bank utama AS seperti Bank of America, JPMorgan Chase, Goldman Sachs dan Deutsche Bank oleh lembaga yang mengawasi pasar hipotek AS. Laporan itu mengatakan investor takut jika bank-bank dipaksa untuk membayar miliaran dolar untuk hipotek yang gagal.

Komentar

x