Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 04:51 WIB

PGN Teken MoU Bina Lingkungan Senilai Rp177,4 M

Oleh : Charles MS | Sabtu, 30 Juli 2011 | 11:28 WIB
PGN Teken MoU Bina Lingkungan Senilai Rp177,4 M
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) 2011 dengan BUMN, Universitas serta beberapa pihak lainnya senilai Rp177,4 miliar.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, kegiatan ini sebagai komitmen peduli terhadap lingkungan, dan sesuai dengan moto TJSL yaitu PGN Share, di mana perusahaan akan selalu memperhatikan lingkungan sosial masyarakat pada wilayah operasi PGN. "Ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan kegiatan TJSL yaitu, Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat dan Bidang Pelestarian Alam," katanya.

Saat ini, PGN kembali merealisasikan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, dengan melakukan kerjasama/sinergi dengan PT Perkebunan Nusantara X dan XI.

Kemudian, dalam mendukung ketahanan pangan nasional PGN juga melakukanGerakan Pengembangan Produktivitas Pertanian berbasis Korporasi (GP3K), melalui kerjasama dengan PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri, dengan memberikan pinjaman bergulir dan hibah pembinaan kepada para petani.

Dalam Realisasi Program Bina Lingkungan kali ini, PGN juga memberikan beasiswa kepada para mahasiswa berprestasi di sekitar wilayah operasi PGN. Beasiswa diberikan melalui Universitas Negeri, antara lain Universitas Sriwijaya, Politeknik Sriwijaya, Universitas Lampung, Politeknik Lampung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Padjajaran, dan Universitas Brawijaya. Selain itu, PGN juga bekerjasama melakukan kerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat untuk menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Indonesia, IPB, ITB dan ITS.

Program lain yang juga dilakukan PGN adalah dalam bentuk pengelolaan sampah terpadu untuk 5 (lima) kota di wilayah operasi PGN yaitu : Batam, Palembang, Lampung, Bogor, dan Surabaya. Program ini melaluikerjasama dengan MITTRAN (Mitra Mandiri), sebuah perusahaan yang bergerak dibidang lingkungan.

Dalam bidang kesehatan, PGN juga memberikan bantuan untuk pembangunan rumah sehat BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Rumah sehat BAZNAS adalah program bidang kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan dengan konsep pelayanan terpadu mencakup promotif, prefentif, kuratif, rehabilitatif, sosial ekonomi dan spiritual kepada kaum Mustahik atau fakir miskin.

Disisi lain, untuk memenuhi kebutuhan konsumen industri di wilayah Jawa Timur, PGN juga telah menandatangani Head of Agreement (HoA) dengan PT Indogas Kriya Dwiguna (IKD). HoA tersebut merupakan kesepakatan pengelolaan dan pemanfaatan gas Lapangan Terang Sirasun Batur yang dikelola dan dioperasikan oleh Kangean Energi Indonesia, Ltd (Kangean). Gas sebesar 20 Bbtud yang akan dimulai pada 31 Januari 2012 tersebut rencananya akan dialirkan melalui jaringan pipa gas East Java Gas Pipeline (EJGP) yang dikelola dan dioperasikan oleh PT Pertamina Gas (Pertagas), di mana titik penyerahan gas pada metering/ receiving station (M/RS) Waru, Jawa Timur. HoA inijuga sebagai salah satu langkah untuk mengatasi penurunan pasokan gas darisumurMaleo (Santos) yang akan berkurang secara bertahap, dari kondisi 122 Bbtud menjadi 110 Bbtud pada Juli 2011 dana akan turun menjadi 100 Bbtud terhitung mulai Januari 2012.

Selain itu PGN juga telah menandatangani MoU kerjasama dengan Petroliam National Berhard (Petronas), untuk menganalisa peluang bisnis dan kerjasama pada kegiatan industri gas serta rantai bisnisnya. Penandatanganan ini merupakan langkah PGN dalam melakukan ekspansi bisnis yang merupakan bagian dari strategi beyond pipeline melalui kerjasama dengan Perusahaan yang memiliki reputasi tinggi serta berpengalaman global.

Komentar

Embed Widget
x