Find and Follow Us

Minggu, 19 Mei 2019 | 19:23 WIB

Terapkan PAPE, Bapepam Minta Opini Publik

Oleh : Agustina Melani | Jumat, 15 Juli 2011 | 17:43 WIB
Terapkan PAPE, Bapepam Minta Opini Publik
kontan

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sedang meminta permintaan pendapat ke publik draft peraturan Pedoman Akuntansi Perusahaan Efek (PAPE) dengan batas akhir pada 19 Juli 2011.

Kepala Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Bapepam-LK Etty Retno Wulandari mengatakan, draft peraturan ini dibuat karena keberagaman pencatatan transaksi yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan efek. Peraturan PAPE ini akan menjadi acuan peraturan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD).

Etty mengharapkan, peraturan PAPE ini segera terbit. "Peraturan ini diharapkan efektif pada Februari 2012. Peraturan ini akan memberi acuan standar akuntansi dan pelaporan keuangan untuk transaksi spesifik perusahaan efek," ujar Etty, Jumat (15/7). Etty menambahkan, pada peraturan PAPE ini akan mengatur mengenai peraturan perdagangan efek, penjamin emisi efek dan manajer investasi.

Sebelumnya Bapepam-LK telah melakukan sosialisasi terhadap peraturan Nomor VIII.G.17 tentang Pedoman Akuntansi Perusahaan Efek (PAPE) ini pada 12 Juli lalu kepada seluruh perusahaan efek, regulator pasar modal, Bursa Efek Indonesia (BEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI). [hid]

Komentar

x