Sabtu, 1 November 2014 | 01:27 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Gema Merdeka Goeyardi
Siap-siap Beli Saham ADRO
Headline
Gema Merdeka Goeyardi - inilah.com
Oleh: Ahmad Munjin
pasarmodal - Rabu, 4 Mei 2011 | 03:20 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Laju saham ADRO, diperkirakan masih sideways hingga Jumat (6/5). Tapi, investor harus siap-siap beli karena emiten ini akan mengakhiri fase koreksi yang panjang 4 bulan. Beli bertahap di level Rp2.275.

Pengamat pasar modal PT Astronacci International Gema Merdeka Goeyardi mengatakan, level harga saham PT Adaro Energy (ADRO) saat ini merupakan pergerakan yang sedang dalam proses pembentukan tren baru menguat. Kondisi itu akan terjadi sebagai reaksi atas koreksi yang terjadi dalam empat bulan terakhir.

Karena itu, ADRO sudah memasuki are jenuh jual (oversold). Dia sendiri memperkirakan, penurunan saham ADRO sudah berhenti. Sebab, potensi pelemahannya sudah sangat terbatas. “Sebelum 6 Mei 2011, investor harus siap-siap untuk beli saham ADRO. Pelaku pasar harus berani berspekulasi untuk masuk,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Selasa (3/4) saham ADRO ditutup stagnan di level Rp2.225. Harga intraday tertingginya mencapai Rp2.250 dan terendah Rp2.200. Volume transaksi mencapai 54,3 juta unit saham senilai Rp120,8 miliar dan frekuensi 2.145 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah ditutup stagnan di level Rp2.225, bagaimana Anda memperkirakan laju saham ADRO?

Secara astronacci (paduan analisis teknikal antara Fibonacci dengan Astrologi), saham PT Adaro Energy (ADRO) berpeluang bergerak mendatar hingga hingga 6 Mei 2011. Tapi, saham batu bara ini, sangat menarik karena sudah turun empat bulan sejak 4 Januari 2011 di level Rp2.875. Setelah memasuki masa koreksi panjang, sudah saatnya ADRO mulai bangkit. Dari sisi analisis timing-nya, ADRO akan segera membentuk tren baru yaitu penguatan.

Akan bergerak di kisaran berapa?

Cut loss untuk ADRO di level Rp2.175 dengan level support di level Rp2.200. Level saat ini sudah sangat dekat dengan support-nya dan resistance terdekatnya di level Rp2.300. Level saat ini merupakan pergerakan ADRO yang sedang dalam proses pembentukan tren baru menguat sebagai reaksi atas koreksi yang terjadi dalam 4 bulan.

Aksinya turun banyak, sekarang tinggal reaksinya. Karena itu, ADRO sudah memasuki are jenuh jual (oversold). Saya sendiri memperkirakan, penurunan saham ADRO sudah berhenti. Sebab, potensi pelemahannya sudah sangat terbatas.

Mengapa harus menunggu tanggal 6 Mei untuk naik?

Untuk saat ini, ADRO belum bisa dipastikan beranjak naik. Sebab, secara astronacci, pada 3 April, merupakan new moon sehingga market mengalami koreksi secara keseluruhan. IHSG bakal bergerak flat hingga 9 Mei 2011. Setelah itu, indeks akan menguat hingga 17 Mei. Saat ini, IHSG flat cenderung melemah dan bergerak dalam kisaran support 3.790 dan resistance 3.850.

Bagaimana dengan faktor fundamental?

Pertimbangan fundamental pun sangat positif bagi ADRO. Sebab, harga batu bara masih positif di level US$122,27 per metrik. Apalagi, kinerja emiten kuartal I/2011 juga positif. Diberitakan, ADRO mencatat laba bersih sebesar US$ 108,9 juta pada triwulan I/2011 atau naik 11,7% dibandingkan pada periode yang sama tahun 2010.

Kalau begitu, bagaimana strategi belanja saham ADRO?

Sebelum 6 Mei 2011, investor harus siap-siap beli saham ADRO. Pelaku pasar harus berani berspekulasi untuk masuk. Kalau mau masuk, kita pertimbangkan di level Rp2.275 sebanyak 30% dari cash yang dimiliki. Misalnya, jika investor berniat membeli saham ini senilai Rp100 juta, bisa membelanjakannya terlebih dahulu Rp30 juta.

Lalu baru menambah posisi (average up) dari total dana di level Rp2.325 dengan risiko kira-kira 4%. Jadi, jika tembus level tersebut, investor bisa beli di level Rp2.325. Jika tidak, lebih baik melakukan pembelian di level bawah di level Rp1.980 atau Rp2.000-2.100.

Anda punya target harga di saham ini?

Saya menargetkan, Rp2.600 akhir Juni di pekan ketiga atau keempat. Hingga akhir 2011 ditargetkan di level Rp3.500. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.