Jumat, 29 Agustus 2014 | 23:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Trik Berburu Dividen Saham
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Wahid Ma'ruf
pasarmodal - Sabtu, 25 Desember 2010 | 17:42 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Selain berburu saham IPO, upaya yang dilakukan para pemain saham di bursa adalah berburu dividen yang akan dibagikan emiten. Biasanya mereka disebut dividend raider atau pemburu cum-date. Bagaimana triknya?

Dalam sebuah milis saham, seorang pemain saham menjelaskan trik berburu cum-date. Menurutnya, trik yang lazim dilakukan dengan menggandakan transaksi traders atau investor. Mereka melakukan transaksi akumulasi di pasar tunai untuk melipatgandakan dividend yield jauh di atas yield obligasi pada cum date pasar tunai.

"Teknisnya kurang lebih Anda jual beli saham Anda sendiri baik via sekuritas yang sama dengan nama berbedaa atau transaksi nominee, atas nama orang lain, atau transaksi antar sekuritas," jelasnya.

Langkah yang diperlukan hanya leverage pendanaan. Sumbernya bisa atas kapasitas internal sendiri. Namun bisa juga dari pinjaman pihak ketiga baik bank atau lainnya. Transaksi bisa saja dilakukan atas saham pihak ketiga. "Namun persoalannya Anda harus bisa menemukan siapa yang bersedia menjual," katanya mengingatkan.

Belum cukup sampai di sini, dalam memburu cum-date ada hal lain yang perlu diperhatikan, adalah manajemen risiko dan keberanian trader atau investor untuk mengakumulasi di cum date pasar tunai, demi dividen ini. Jadi selain besaran dividen-nya juga karena prospek very short term saham yang bersangkutan akan mempertahankan harga di range yang kuat.

Sekalipun terjadi aksi sell-out oleh dividend raider (pemburu cum-date). Seorang pemburu cum-date harus selalu mengingat, risk management dalam setiap transaksi. Sebab tidak terlalu penting, berapa sering benar atau salah dengan perhitungan (TA, FA dan lainnya). "Tetapi yang lebih penting apa tindakan Anda untuk aksimalkan laba, kurangi rugi," tegasnya.

Beberapa jadwal pembagian dividen bulan Desember seperti dividen SMGR 8 Desember, BATA pada 10 Desember, TOTO 17 Desember, MAIN pada 22 Dersember, SMGR pda 27 Desember, BMRI pada 27 Desember, TLKM ada 28 Desember, HMSP pada 29 Desember, MPPA pada 29 Desember, PGAS pada 30 Desember 2010.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER
Keputusan bertransaksi mengacu pada rekomendasi saham di INILAH.COM sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Sementara analis maupun perusahaan pialang yang membuat rekomendasi saham juga tidak ikut bertanggung jawab.